Selasa, 01 November 2011

SAYURAN


Sayuran merupakan sebutan umum bagi bahan pangan asal tumbuhan yang biasanya mengandung kadar air tinggi dan dikonsumsi dalam keadaan segar atau setelah diolah secara minimal. 
Sebutan untuk beraneka jenis sayuran disebut sebagai sayur-sayuran atau sayur-mayur. Sejumlah sayuran dapat dikonsumsi mentah tanpa dimasak sebelumnya, sementara yang lainnya harus diolah terlebih dahulu dengan cara direbus, dikukus, atau diuapkan, digoreng (agak jarang) atau disangrai.  
Sayuran dalam bentuk daun yang dimakan mentah disebut sebagai lalapan.
Istilah sayuran tidak bersifat ilmiah. Kebanyakan sayuran adalah bagian vegetatif dari tumbuhan, terutama daun (juga beserta tangkainya). Beberapa sayuran adalah bagian tumbuhan yang tertutup tanah, seperti wortel, kentang dan lobak. 
Terdapat pula sayuran yang  berasal dari organ generatif, seperti bunga (kecombrang dan turi), buah (misalnya terong dan kapri), dan biji (misalnya buncis dan kacang merah). Bagian tumbuhan lainnya yang juga dianggap sayuran adalah tongkol jagung. 
Meskipun bukan tumbuhan, bagian jamur yang dapat dimakan juga digolongkan sebagai sayuran. Beberapa sayuran dapat pula menjadi bagian dari sumber pengobatan, bumbu masak atau rempah-rempah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar